Hasil Percobaan Input

Minggu, 25 Oktober 2009

Hasil Percobaan Input

Hasil percobaan adalah tahap akhir sistem yaitu melakukan uji data agar diperoleh kesesuaian antara brainware, software dan hardware yang nantinya memproses input dan menghasilkan output seperti yang diharapkan. Seperti contoh berikut ini adalah layout menu utama program. Menu utama Sistem Informasi Bank BTN

Sistem Informasi Bank BTN Medan terdiri dari 4 form yaitu : form Konsumen, form Simpanan, form KPR, dan form angsuran. Adapun perekaman data pada setiap form adalah sebagai berikut:

Dalam penginputan data Konsumen menggunakan field kunci, dimana field kunci

a. pada record tampilan perekaman data konsumen adalah Kd_Konsumen.

b. Tombol tambah bila ada data yang akan diedit atau diinput maka terlebih dahulu pilih tombol tambah kemudian input kode Konsumen lalu tekan Enter, jika data sudah ada maka data tidak dapat diinput dua kali tetapi hanya dapat diperbaiki dan simpan kembali.

c. Apabila ada data yang akan dihapus maka terlebih dahulu pilih tombol Tambah kemudian input kode konsumen yang dicari kemudian klik tombol yes untuk menghapus.

2. Perekaman Data Simpanan

a. Untuk memulai pengisian data simpanan, kode Konsumen, Klik Tombol Tambah lalu input Pembayaran, Angsuran dan tanggal Setor.

b. Apabila ada data yang akan diedit maka terlebih dahulu pilih tombol tambah kemudian masukan kode konsumen lalu tekan Enter, jika data sudah ada maka kita tidak dapat menginput dua kali data yang sama.

c. Apabila ada data yang akan dihapus maka terlebih dahulu pilih tombol tambah kemudian input kode konsumen, klik tombol yes untuk menghapus.

d. Untuk melakukan pembatalan penginputan, pengeditan maupun penghapusan data rekaman tekan tomol Batal. Untuk keluar dari menu tekan tombol Keluar.

3. Perekaman Data KPR

a. Dalam proses penginputan data KPR menggunakan field kunci primer, dimana kunci field primer pada proses perekaman data pinjaman adalah nomor KPR penghubung.

b. Apabila ada data yang ingin diedit dan dihapus maka terlebih dahulu pilih tombol Tambah kemudian input nomor KPR yang dicari kemudian Tekan Enter jika data sudah ada maka hanya dapat diEdit saja.

c. Untuk keluar dari menu perekaman data KPRekan tombol Keluar.

4. Perekaman Data Angsuran

a. Dalam penginputan data angsuran ini maka akan menampilkan periode angsuran cicilan.

b. Apabila ada data yang akan diedit atau dihapus maka terlebih dahulu pilih tombol Tambah kemudian input nomor KPR dan cicilan yang keberapa yang dicari kemudian klik tombol Edit untuk mengedit data atau klik tombol hapus untuk menghapus data. Untuk keluar dari menu perekamanan data angsuran tekan tombol Keluar.

Setelah data selesai direkam, maka data yang direkam tersebut dapat dilihat dalam laporan, sebab tujuan dari pada perancangan sistem adalah output atau laporan yang dihasilkan oleh sistem. Untuk dapat masuk dalam form laporan maka pada menu utama pilih menu laporan, maka akan tampil sub menu laporan. Pilih sub menu laporan dari sistem informasi Bank BTN Medan yaitu:

5. Laporan Konsumen

Laporan Konsumen merupakan hasil dari rekaman data Konsumen yang disimpan dalam file anggota yang disimpan dalam file Konsumen. Laporan tersebut menampilkan seluruh data Konsumen. Bentuk laporan tersebut telah sesuai dengan rancangan output.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Tugas Akhir Skripsi