Asean

Kamis, 05 November 2009

ASEAN

Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh lima negara anggota asli, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Brunei Darussalam bergabung pada 8 Januari 1984, Vietnam pada 28 Juli 1995, Laos dan Mynmar pada tanggal 23 Juli 1997, dan Kamboja pada tanggal 30 April 1999.

Wilayah ASEAN memiliki populasi sekitar 500 juta, luas 4,5 juta kilometer persegi, gabungan produk domestik bruto sebesar US $ 737 milyar, dan total perdagangan sebesar US $ 720 miliar.

Deklarasi ASEAN menyatakan bahwa tujuan dan asosiasi adalah: untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan budaya di daerah tertinggal upaya bergabung dalam semangat kesetaraan dan kemitraan dalam rangka untuk memperkuat dasar bagi yang makmur dan damai komunitas bangsa-bangsa Asia Tenggara, dan daerah untuk mempromosikan perdamaian dan mematuhi melalui keadilan dan menghormati supremasi hukum dalam hubungan antar negara di wilayah kepatuhan terhadap prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada tahun 1995, para pemimpin ASEAN menegaskan bahwa "Koperasi perdamaian dan kemakmuran bersama akan menjadi tujuan dasar ASEAN".

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 
 
Copyright © Tugas Akhir Skripsi