Analisis Data

Minggu, 18 Oktober 2009

Elemen system

- Mitra / tamu

- Staff Informasi

- Adminstrasi

- Consultan

- Perusahaan

Input

Proses

Output

Berkas mitra

Mengisi Buku Tamu

Buku Tamu

Berkas Mitra

Disahkan oleh adminstrasi

Buku besar

Bekas Mitra

Dipelajari oleh Consultan

Pelayanan terhadap Mitra

Proses kerja.

  1. Mitra menemui Staff Informasi untuk memberikan Berkas 2 rangkap dan Staff Informasi mengisi Buku Tamu.
  2. Staff Informasi memberikan berkas kepada adminstrasi kemudian berkas tersebut dan siap untuk dinaikkan ke Consutan.
  3. Consultan mempelajari berkas Mitra, kemudian Berkas yang memenuhi syarat diberikan kepada pemimpin perusahaan dan berkas yang tidak memenuhi syarat dikembalikan kepada Adminstrasi.
  4. kemudian Adminstrasi mengambalikan ke Staff Informasi menginformasikan kepada Mitra tentang berkas tersebut, berkas yang tidak diterima dikembalikan dan berkas yang diterima dipanggil pemiliknya untuk dijumpaka kepada Pimpinan Perusahaan.
  5. Staff Informasi mempertemukan antara Pimpinan dengan Mitra tersebut.
  6. Pimpinan memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh mitra tersebut.


Sistem Yang Sedang Berlangsung

Sistem yang sedang berlangsung pada PT. MP Mandiri memang menggunakan komputer namun masih melalui cara yang panjang dan tidak efisien atau seringkali menggunakan proses yang manual.


Sistem Yang Diusulkan

Sistem yang diusulkan untuk mengatasi masalah yang sedang berlangsung adalah menggunakan komputerisasi yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Dengan sistem ini data dapat diinput secara manual dan diolah dengan sistem management database yang lebih efisien dan akurat. Dalam database tersebut akan diurut berdasarkan kode tersendiri sehingga memudahkan dalam pencarian data.


Merancang Struktur Database

Database adalah suatu koleksi data yang terorganisasi sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan dalam proses pencarian dan menampilkan data. Sedangkan data management database ada!ah program komputer yang memungkinkan pemakai untuk membuat dan memelihara basis data sehingga pemakai dapat memasukkan, mengubah, serta menghapus data tersebut.

Sebuah database mempunyai teberapa urutan, yaitu :

1. Character, adalah bagian suatu data yang terkecil, dapat berupa huruf ,angka -angka dan huruf, maupun karakter spesial yang membentuk suatu item data.

2. Field, adalah sebuah atribut dari record yang dikumpulkan dari item data, seperti nama, nip, alamat dan seterusnya.

3. Record, adalah sebuah kumpulan field yang saling terkait dan dan membentuk suatu record.

4. File Table, adalah kumpulan beberapa record yang menggambarkan suatu kesatuan data yang sejenis.

5. File Database, adalah kumpulan beberapa tabel yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk suatu relasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Tugas Akhir Skripsi