Perancangan Sistem

Minggu, 25 Oktober 2009


Perancangan Sistem

Pada Sistem yang diusulkan ini penulis mencoba memperbaiki ataupun menyempurnakan kelemahan dari sistem yang sedang berjalan. Berdasarkan pertimbangan diatas maka, dalam sistem penulis usulkan ini proses pelaksanaan kegiatan yang ada sudah bersifat mekanis karena telah menggunakan sistem komputerisasi dengan menggunakan alat bantu komputer dalam melakukan proses Komputerisasi Pembiayaan rumah pada Bank BTN Medan. Berdasarkan proses kegiatan yang diusulkan ii akan menggunakan peralatan Komputer maka penulis juga mencoba untuk mengatasi masalah yang kedua yaitu tentang luas raungan yang dibutuhkan, kemudahan pencarian data yang mudah serta juga keamanan data.

Merupakan hal yang sangat penting setelah tahap pendefinisian kebutuhan-kebutuhan Fungsional. Pada perancangan sistem ini digambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk dan persiapan untuk rancangan bangun, kemudian data yang ada selanjutnya dilakukan proses pengolahan untuk menghasilkan laporan yang dibutuhkan oleh pimpinan dalam menetapkan kebijaksanaan perusahaan. File-file data yang akan dirancang ini, akan digunakan sebagai tempat penyimpanan data secara permanen dan dapat dilakukan proses penyimpanan data (rekam data), koreksi data dan menghapus data-data yang salah ataupun data yang tidak diperlukan lagi sehingga proses pengolahan data akan lebih cepat dan akurat terlebih dalam mengolah data yang besar dan banyak serta dari file database yang akan dirancang akan dihasilkan laporan dimana data yang akan dicetak sesuai dengan data yang telah direkam ke dalam file database.

Data konsumen yang diberikan kepada bagian pengkreditan berupa nama, alamat, No Telp, semua data selanjutnya dicatat dan dibukukan yang selanjutnya pembuatan faktur pembelian dimana faktur pembelian ini selanjutnya disesuaikan dengan data rekening setelah data tersebut selesai disesuaikan maka data rekening diarsipkan dan sebagian yang lainnya diberikan kepada teller setelah teller menerima faktur pembelian maka teller memberikan catatan tabungan, satu catatan untuk pimpinan dan yang lainnya diberikan kepada konsumen agar tidak terjadi kekeliruan dibelakang hari, pimpinan juga membuat arsip.

Pada gambar 4.1. menggambarkan Context diagram sistem angsuran pada PT. Bank Tabungan Negara.

Beberapa data yang telah dirancang, yaitu :

1. Data Konsumen merupakan laporan yang berisikan data pembeli rumah.

2. Data Simpanan rumah merupakan laporan yang berisikan data simpanan Konsumen

3. Data Laporan KPR merupakan laporan yang berisikan data laporan KPR

4. Data Angsuran Perumahan merupakan laporan yang berisikan data angsuran rumah.

Dalam Sistem Informasi kredit perumahan ini terdapat tiga entitas yang saling berkaitan dan memiliki fungsi masing-masing. Entitas konsumen akan memberikan data konsumen, data simpanan, dan data pembelian kepada sistem informasi. Entitas teller akan menerima data simpanan, dan data pembelian dan data angsuran dari sistem. Entitas pimpinan akan menerima laporan yang dihasilkan oleh sistem informasi yang dirancang.

Perancangan Output

Spesifikasi Output merupakan penjelasan tentang laporan yang akan dihasilkan oleh sistem yang diusulkan ini. Masing-masing laporan ini dihasilkan oleh sistem informasi yang telah dirancang, dimana data sudah disimpan dalam tabel-tabel yang ada di database.

Adapun bentuk laporan yang dihasilkan dalam program ini adalah:

1. Data Konsumen yaitu laporan yang menyajikan data konsumen

2. Laporan data Simpanan, yaitu laporan yang menyajikan data simpanan

3. Laporan KPR yaitu laporan yang menyajikan data KPR

4. Laporan Angsuran perumahan yaitu laporan yang menjelaskan data angsuran rumah


0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Tugas Akhir Skripsi